Nikmatnya Talas Maybrat


Bete atau talas adalah merupakan makanan pokok suku Maybrat yang bermukim di daerah pedalaman kepala burung pulau Papua.  Suku Maybrat menyebut bete/talas dengan nama ”aiwah ati ”.

Ada banyak macam kultivar talas yang dibudidayakan oleh penduduk dengan warna pelepah dan warna umbi yang menjadi ciri pembeda.  Kultivar tersebut biasanya dinamakan berdasarkan nama orang yang pertama kali membawa dan menanamnya.

Bila anda datang ke daerah Maybrat,  jangan lupa untuk harus mencicipi talas/bete dari daerah ini.  Rasanya khas dan tidak akan pernah akan anda lupakan.

Mintalah mama-mama untuk menghidangkan talas/bete yang dibakar…….  Aroma bete yang dibakar akan membuat anda ketagihan dan ingin segera untuk harus mencicipinya.

Bete bakar rasanya sangat enak dan empuk.  Bagian luar ubi bete yang gosong setelah dikikis arangnya akan berwarna agak putih-putih kecoklatan memiliki rasa yang garing dan renyah. Isi bagian dalam rasanya sangat empuk.

Bete/talas bakar ini paling nikmat dikonsumsi dengan kacang tanah dan ikan mas.  So jangan lupa ke dua panganan tersebut diminta juga.

BTW …… menurut para pakar dalam Mamik dkk dari Balai Besar Penelitian dan Pengembangan Bioteknologi dan Sumberdaya Genetik Pertanian, Bogor (http://www.buletin_pn_13_12_2007_49__55_mamik.pdf.com)  rupa-rupanya talas/bete memiliki kandungan protein (1,5 -3,0%), kalsium dan fosfor lebih tinggi dari kentang.  Umbinya mengandung sedikit lemak dan banyak mengandung vitamin A dan C.  Merupakan sumber yang baik untuk diet serat, vitamin B6 dan Mn.

Manfaat lain dari umbi talas adalah dapat mengatasi masalah gangguan pencernaan.  Hal ini disebabkan 98,8% umbi talas yang dicerna memiliki pati yang banyak mengandung amilosa (20-25%) sehingga dapat dipecahkan oleh gula ludah manusia. Jenis karbohidrat seperti ini menurut para pakar sangat baik untuk mereka yang memiliki masalah pencernaan dan juga cocok digunakan untuk konsumsi bayi

5 thoughts on “Nikmatnya Talas Maybrat

  1. Salam kenal dari saya dan terimakasih atas tanggapannya……
    Talas di Maybrat sama halnya dg talas yg ada di Jawa seperti talas bogor. cara membakarnya biasa dilakukan dg membenamkannya didalam abu panas sisa kayu terbakar di tungku api. Bagaimana dengan di tempat sdr ?

  2. Miau..hi..hi..hi.
    Moga resep perkedel talas miau bisa jadi variasi olahan talas ya. Tar kapan2 di up date lg masakan atau kue dari bahan talas. Semoga bermanfaat. Miau…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s