Wacana Pengembangan Pertanian di Kabupaten Maybrat


Kebun Keladi di Maybrat

Pada tahun 2009 Kabupaten Maybrat di mekarkan dari Kabupaten Sorong berdasarkan UU NO 13 Tahun 2009.  Berbagai sumberdaya yang dimiliki perlu digali lebih lanjut untuk dapat mengembangkan daerah ini menjadi Kabupaten yang mandiri dalam berbagai sektor.

Salah satu sektor yang sangat penting dan menjadi basis perekonomian adalah sektor pertanian.  Pengembangan sektor menjadi sangat strategis karena langsung menyentuh basis masyarakat dengan sangat signifikan.

Kita tidak bisa menutup sebelah mata terhadap sektor pertanian dan kemudian meninggalkannya begitu saja dengan beralih ke sektor lain dengan dalih mengejar Pendapatan Asli Daerah (PAD).

Tanyakan saja pendapat masyarakat atau tokoh masyarakat tentang sektor apa yang penting harus dikembangkan ?  meskipun dengan berbagai macam kata dan pemikiran ujung-ujungnya kita akan menemukan satu titik point yaitu pertanian.

Pembangunan jalan, pembangunan jembatan dan sarana prasarana transportasi lainnya pada intinya adalah akan menunjang pembangunan pertanian itu sendiri.

Apalah artinya sebuah jalan, sebuah jembatan dan kendaraan jika tidak bisa digunakan oleh masyarakat yang nota bene bermata pencaharian disektor pertanian bila mereka tidak mempunyai uang yang berasal dari hasil penjualan komoditas pertaniannya ?

Share on Facebook

5 thoughts on “Wacana Pengembangan Pertanian di Kabupaten Maybrat

  1. Puji Tuhan, Allah tidak hanya menciptakan & meletakkan Manusia di Bumi’nya ( Maybrat) tapi IA pun menyediakan Tanah Yg Subur, sungai -sungai dengan Air Yang Biru. Alam Yg Kaya akan Hasil Bumi dan manusia yg bermartabat. Mari kita pakai Potensi Yg ada dan Dapat bermanfaat untuk masa ini juga di Masa yg Akan Datang. Trima Kasih Promosi Dan Info’nya akan Saya teruskan. Damai Sejahtera menyertai kita semua. Amin.

  2. knpa anda menytakan hnya stu bindng sja………………sdng kn msah bnyk bdang laain,,,,,,,,,,,,,,sprti……………pertrnkan..perikanaan..pertambanggaan…………………

  3. Terima kasih untuk kritik yang membangun mengenai tulisan yang kami muat. pertama-tama kami mengangkat tema pertanian karena sektor ini dibandingkan sektor lain yaitu bidang perikanan dan peternakan adalah lebih dominan. hal ini dapat bisa anda simak pada laporan perkembangan PDRB yang dikeluarkan oleh BPS Sorong Selatan. sektor pertanian ini menjadi sektor penggerak perekonomian di Kab Maybrat dari dulu hingga sekarang bila dibandingkan sektor lain. namun tidak menutup kemungkinan bidang lain yaitu peternakan dan perikanan dapat menjadi penyumbang pdrb di maybrat apabila sektor-sektor tersebut serius untuk dikembangkan.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s