ANGGREK PAPUA


Papua menyimpan berbagai keanekaragaman hayati baik flora dan fauna yang sampai saat ini belum sepenuhnya tereksplorasi. Terlebih lagi kekayaan anggrek alamnya. Bagi Anda penggemar anggrek, Papua memang adalah surganya terutama untuk jenis anggrek dendrobium. Memang di seluruh dunia jumlah terbesar yaitu 450 spesies ditemukan di daerah ini dan tidak menutup kemungkinan masih banyak lagi yang belum teridentifikasi.

Ingin berkelana dan cuci mata sejenak dengan anggrek alam Papua ? Mari Saya ajak Anda untuk melihat beberapa anggrek tersebut yang berasal dari daerah Maybrat dan Sorong Selatan. Anggrek-anggrek ini dihimpun dari koleksi pribadi dan para hobiis. Semoga dapat bermanfaat dan dapat menjadi bahan acuan untuk pengembangan serta pelestarian ke depan.

1. Anggrek Kribo (Dendrobium spectabile)

Anggrek Kribo (Den spectabile)

Anggrek ini disebut anggrek kribo diilhami oleh bentuk bunganya yang keriting dengan ciri khas labelum yang menjulur memanjang dan bergelombang serta memiliki keindahan yang sangat eksotis. Tumbuh menempel di atas dahan-dahan pohon yang tinggi. Menjadi ciri khas anggrek dari Papua Barat dan dipakai sebagai lambang untuk Universitas Negeri Papua (UNIPA) bersama dengan kupu-kupu sayap burung. Di ambil dari daerah Susumuk Maybrat dan Seremuk Sorong Selatan.

 2. Anggrek Tanduk Rusa (Dendrobium sp

Anggrek tanduk rusa

Sekilas bila memandangnya, anggrek ini hampir menyerupai anggrek kelinci karena memiliki bentuk tanduk yang sama. Namun berhubung warna bunganya adalah kuning, maka anggrek ini oleh penduduk lokal dinamakan anggrek tanduk rusa. Jenis ini diperoleh di daerah Susumuk Maybrat.

 3. Anggrek Kelinci (Dendrobium antenatum)

Anggrek Kelinci (Dend. antenatum)

 Disebut sebagai anggrek kelinci oleh penduduk karena bentuk tanduknya yang panjang menyerupai telinga kelinci. Warna bunga putih dengan labelum bergaris-garis ungu, aroma bunga harum seperti aroma bunga mawar. Banyak sekali di jumpai di daerah pantai Sorong Selatan seperti Konda dan Inanwatan. Tumbuh di sela-sela dahan pohon mangi-mangi (bakau) dan rajin menghasilkan bunga.

 4. Anggrek keriting coklat (Dendrobium lasienthera )

Anggrek keriting coklat

Secara lokal, jenis anggrek ini tidak mempunyai nama. Memiliki bentuk bunga yang indah dengan bentuk tanduk yang melintir namun tidak sepanjang anggrek kelinci. Anggrek ini diperoleh di daerah Konda Sorong Selatan

 5. Dendrobium macrophylum

Den. macrophylum

Jenis anggrek ini menghasilkan bentuk pohon yang rimbun dan rapih dengan ukuran yang rata, tangkai bunga lurus ke atas dan memiliki warna lidah bunga yang cerah dan lebar. Diperoleh dari daerah Teminabuan dan Konda Sorong Selatan.

 6. Anggrek Belimbing

Anggrek Belimbing

Secara lokal anggrek ini dinamakan anggrek belimbing merujuk pada bentuk pangkal bunga yang bergelombang seperti buah belimbing. Daun bunga lebar mirip tunas daun kelapa muda. Mempunyai warna bunga kuning mantega dengan labelum berwarna orange cerah. Dijumpai di daerah pantai Sorong Selatan hingga dataran tinggi Maybrat.


  7. Anggrek Bintang (Dendrobium sp)

Anggrek Bintang (Dend. sp)

Perawakan anggrek ini berbentuk pohon yang mudah tumbuh, tangkai bunga panjang dengan jumlah kuntum bunga banyak, berbentuk bintang, warna bunga coklat dan labelum bergaris-garis putih. Dijumpai di daerah Konda dan Teminabuan Sorong Selatan.

8. Anggrek Nanas

Anggrek Nanas

Anggrek jenis ini banyak sekali dijumpai di daerah pantai Teminabuan, Konda dan Seremuk. Dinamakan nanas, karena bentuk mirip seperti buah nenas. Anggrek ini mempunyai warna ungu dan kuning.

 9. Anggrek Karang (Dendrobium bracteosum)

anggrek karang (den bracteosum)

  Oleh penduduk setempat yaitu di Maybrat dan Sorong Selatan, anggrek ini biasa disebut anggrek karang, anggrek sikat dan anggrek nenas. Memiliki dua macam warna yaitu merah muda dan kuning dengan penyebaran yang merata mulai dari daerah pantai Sorong Selatan hingga dataran tinggi Maybrat.

10. Anggrek telinga rusa ( Dendrobium sp.)

Anggrek telinga rusa

Jenis anggrek ini bila dilihat secara sepintas, hampir mirip dengan anggrek keriting coklat (den. lasienthera) sehingga hampir saja membuat penulis terkecoh. Memiliki tanduk bunga menyerupai daun telinga rusa, warna bunga coklat dan mempunyai warna garis tepian bunga kuning. Diperoleh dari daerah Konda Sorong Selatan.

 12. Anggrek Tanpa Bunga

Anggrek Tanpa Bunga

 Jenis anggrek ini tidak menghasilkan bunga, dengan ciri khas memiliki pangkal daun bergelembung atau menyerupai bulb. Warna bulb inilah yang menjadi daya tarik dari anggrek ini karena mempunyai warna dari hijau hingga oranye. Jenis ini diambil di daerah Susumuk Maybrat

13. Anggrek Tanah

Anggrek Tanah

 Jenis anggrek ini dengan mudah dapat dijumpai di daerah Maybrat dan Sorong Selatan. Di sepanjang pinggiran jalan raya Sorong-Teminabuan-Maybrat anggrek ini terlihat sebagai tanaman penghias jalan raya membentuk rumpun-rumpun yang indah dipandang dan seolah-olah menyapa kita dengan ucapan selamat datang dan selamat jalan. Warna bunga ungu, ungu muda dan putih.

15 thoughts on “ANGGREK PAPUA

  1. Cantik sungguh koleksi anggrek anda. Tahniah kerana anggrek anda berbunga cantik. Saya juga peminat anggrek dan amat berminat sekiranya boleh mendapatkan anggrek2 dari Papua.

    Terimakasih atas kunjungan Anda ke situs saya sebelumnya. Saya memang baru mulai belajar untuk mengenal tanaman anggrek sehingga bila Anda berniat untuk mendapatkan anggrek2 asli Papua dalam jumlah banyak mungkin Saya belum bisa dapat memberikannya. Anggrek ini hanya sekedar koleksi semata saja.

  2. bagus sekali, cara mendapatkan bagaimana bu ?

    Untuk anda Koleksi atau cara saya memperolehnya ? Kalau untuk dapat Anda miliki mungkin Saya tidak dapat menyanggupinya. soalnya jumlahnya tidak banyak. Kalau cara saya memperoleh anggrek ini, yaah… masuk hutan saja atau ke kebun. tidak perlu terlalu jauh kedalam hutan….. saya sudah bisa mendapatkannya. trimakasih

  3. Anggrek keriting kuning, coklat, ungu bangyak di Biak – Papia, apalagi anggrek hitam papua persis anggrek hitam dari kalimantan sy dari PAI (Petani Anggrek Indonesia) khususnya jenis anggrek papua, yang minat datang ke biak anggrek murah meriah

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s